Home » » Tempat Pelestarian Hewan & Tumbuhan di KalBar

Tempat Pelestarian Hewan & Tumbuhan di KalBar

Written By Edward Moris on Selasa, 14 Mei 2013 | 03.49

1.       Lokasi budidaya ikan arwana super red berada di Desa Mega Timur, Kecamatan Sungai Ambawang, Pontianak, Kalimantan Barat.

2.    Penangkaran tukik atau anak penyu di Taman Wisata Alam Tanjung Belimbing, Kalimantan Barat

3.   Taman Nasional Gunung Palung (TNGP)
adalah sebuah taman nasional yang terletak di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat habitat bagi sekira 2.200 ekor orangutan. Bekantan adalah mamalia dengan jumlah terbesar di TNGP.

4.    Taman nasional Bentuang Karimun
(Kecamatan Putussibau dan Kecamatan Embaloh Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu, Propinsi Kalimantan Barat)
Pada tipe ekosistem Hutan Daratan Rendah didominasi jenis dari family Dipterocarpaceae seperti Tengkawang tungkul (Shorea sp). Jenis lainnya seperti Jelutung (Dyera costulata), Pulai (Alstonia scholaris) dan Belian (Eusideroxylon zwageri). Dari family Palmae ditemukan jenis Bambu (Bambusa spp), Rotan (Calamus sp) dan Aren (Arenga pinata).
Tipe vegetasi Daratan sedang masih didominasi oleh jenis-jenis dari family Dippterocarpaceae seperti Meranti (Shorea sp), Resak (Vatica sp) dan Kapur (Driyobalanops sp). Jenis lainnya adalah Ubah (Syigium sp), Medang (Litsea sp), Bintangor (Callophylum inofilum) dan Durian burung (Durian carinatus).
Pada Tipe Vegetasi Daratan Tinggi masih ditumbuhi berbagai jenis meranti. Jenis lain yang khas pada tipe vegetasi ini adalah jenis Cemara gunung (Casuarina junghuniana) dan Ubah ribu (Syzigium sp). Perbedaan yang terlihat jelas pada tipe vegetasi ini adalah munculnya lumut-lumut hijau di setiap batang tumbuhan. Pada tipe vegetasi Puncak Pegunungan, ukuran tumbuhan semakin kecil dan lumut-lumut hijau semakin tebal menempel di kulit pohon. Di antaranya jenis Cemara gunung (Casuarina junghuniana), Pandan (Pandanus sp), Rotan (Calamus sp) dan beraneka ragam jenis Kantong semar (Nephentes sp).  

5.   Cagar alam Bukit Sintang Kelam
Terletak di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, cagar alam Bukit Sintang Kelam seluas 520 hektar. Ada berbagai jenis flora langka yang dapat Anda temukan di sini, seperti meranti (Shorea sp), bangeris (Koompassia sp), tengkawang (Dipterocarpus sp), kebas-kebas (Prodocarpus ceae) dan berbagai jenis anggrek. flora dataran tinggi ini adalah pitcher merah (Nephentes alata) yang merupakan endemi daerah tersebut. Cagar alam ini juga adalah rumah bagi hewan langka dan berbagai keunikan lainya seperti beruang madu (Mayalanus heralctus), Armadillo (Manis javanica), kelelawar (Hiropteraphilie) dan berbagai jenis burung.

6.   Cagar Alam MANDOR
; Pontianak, Kalimantan Barat. Beberapa jenis tumbuhan yang terdapat di kawasan ini adalah Meranti (Shorea spp), Jelutung (Dyera costulata), Keladan (Dryobalanops becarii), Mabang (Shorea pachyphylla), Kebaca (Melanorrhea walicchii) dan Ramin (Gonystylus bancanus) serta berbagai jenis anggrek.


7.   Cagar Alam Gunung Nyiut .
 Pontianak, Sambas, Kalimantan Barat. Kondisi hutan masih memperlihatkan ciri dari hutan tropika basah yang kaya akan flora dan fauna. Berbagai jenis anggrek alam dan terdapatnya salah satu jenis flora langka (Rafflesia sp) menunjukkan kekayaan sumber daya alam kawasan tersebut.

8.   Cagar Alam Kendawangan
( Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang Propinsi  Kalimantan Barat.) 1. Tumbuhan
a)      Hutan pantai didomnasi Cemara Laut (Casuarina equistifolia) dan Ketapang (Terminalia catapa);
b)      Hutan mangrove didominasi  Bakau-bakauan (Rhizophora spp), Api-apian (Avisenia spp) dan Bruegera spp.
c)       Hutan rawa air tawar didominasi jenis-jenis bentangur (Callophyllum spp), Pulai (Alstonia spp) dan Jelutung (Dyera costulata);
d)      Hutan rawa gambut didominasi Ramin (Gonytylus bancanus) dan Bentangur (Callohyllum spp);
e)      Hutan dataran rendah didominasi Pohon Gelam (Mellaleuca leucadendron) dan Kawi (Shorea belangeran) dan Medang (Litsea sp);
f)       Hutan kerangas atau padang kalap didominasi Bentangur (Callophyllum spp), Jambu-Jambuan (Eugenia spp dan Beckia sp) serta Karimunting (Melastoma spp);
g)      Padang rumput didominasi  rumput Alang-alang (Imperata cilindrica) dan karimunting (Melastoma spp).

9.    Margasatwa Kendawangan
Pada ekosistem pantai menjadi tempat bertelurnya Penyu Sisik (Eretmmochelys imbricata), Penyu Hijau (Celonia mydas), Penyu Belimbing (Dermochellys coreaceae), Tuntong (Batagur baska) dan Kura-kura Gading (Orlitia bornensis).
Pada tipe hutan rawa air tawar dan rawa gambut serta hutan dataran rendah menjadi habitat Bekantan (Nasalis larvatus) dan Orang Utan (Pongo pygmaeus) serta beberapa jenis Primata lainnya seperti Kera Ekor-panjang (Macaca pascicularis) dan Lempiau (Hylobates agilis).
Pada Padang Rumput dan Padang Kalap sering menjadi tempat berbagai jenis satwa pemakan rumput (herbivora) terutama jenis Rusa Sambar (Cervus unicolor) dan Pelanduk Kerangas (Tragulus javanicus).

Jenis burung air dan burung pantai seperti Pecuk Ular (Anthinga melanogaster), Cikalang Besar (Fregata minor), Cangak Merah (Ardea purpurea), Kuntul Cina (Egreta eulophotes), Cangak Laut (Ardea sumatrana), Kuntul Kerbau (Bubulcus ibis), Kuntul Karang (Egreta sarca), Bangau Hutan Rawa (Ciconia stormi), Bangau Tongtong (Leptoptilos javanicus) dan sebagainya.

10.  Kebun Binatang Pontianak
terletak di Jalan Adisucipto, saat ini memiliki lebih dari 50 koleksi satwa, antara lain burung hantu, elang laut, pecuk ular, bangau, kasuari, tekukur dan kakatua. Selain itu terdapat pula orangutan, berbagai jenis primata, musang, landak, beruang, buaya dan lain-lain.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Moris Rajagukguk Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger